I. Judul : Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Mobile Marketing Oleh Provider IM3
1.1 Latar Belakang Masalah
Mobile Marketing (pemasaran bergerak) ditengarai mampu memberikan sarana kepada perusahaan suatu provider untuk dapat meraih target demografis pasar yang diinginkan, kapan saja dan dimana saja tanpa harus menunggu masyarakat untuk melihat iklan ketika mereka menonton TV atau membaca majalah. Sedangkan, persepsi sendiri yaitu pemahaman ataupun pemberian makna atas suatu informasi terhadap stimulus. IM3 merupakan salah satu provider yang cukup bersaing diantara provider lainnya. Banyaknya masyarakat pengguna telepon genggam membuat perusahaan semakin memanfaatkan telepon genggam sebagai media pemasaran merek-nya. Telepon genggam yang lebih personal memungkinkan efektifitas komunikasi pemasaran yang lebih baik dan informasi mengenai produk dapat langsung di akses melalui telepon genggan pribadi.
1.2 Masalah
Apakah keadaan ekonomi (materi) konsumen dapat mempengaruhi persepsi terhadap mobile marketing yang dilakukan oleh provider IM3 ?
1.3 Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui apakah keadaan ekonomi (materi) konsumen dapat mempengaruhi persepsi terhadap mobile marketing yang dilakukan oleh provider IM3.
1.4 Metodologi Penelitian
1.4.1 Data dan Sampel
Data yang digunakan adalah data primer dengan cara dilakukan berupa kuisioner yang dibagikan kepada 50 responden pengguna provider IM3.
1.4.2 Tahapan Penelitian
Dalam penelitian ini dikumpulkan data dengan menggunakan cara survei, yaitu suatu pengumpulan data informasi primer langsung dari sumber penelitian.
1.5 Analisis
Analisis yang digunakan yaitu deskriptif yang mempelajari cara pengumpulan dan penyajian data dalam suatu penelitian data.
1.6 Saran
Agar dapat menyeimbangi keadaan seluruh konsumen pengguna IM3, contoh dengan cara memperpanjang masa tenggang atau telepon murah ke semua provider.
II. Judul : Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Mobile Marketing Oleh Provider
AXIS
2.1 Latar Belakang Masalah
Salah satu alasan pemasaran bergerak menjadi perangkat pemasaran yang efektif, yaitu karena mampu memberikan sarana kepada perusahaan untuk meraih target demografis pasar yang diinginkan, kapan saja dan dimana saja.
AXIS merupakan salah satu provider yang bisa dikatakan baru dalam persaingan antara provider, namun namanya langsung melambung tinggi bersaing dengan provider lainnya. Dikarenakan kualitas dan target pasar yang cocok dengan para konsumen. Melalui pemasaran bergeraklah AXIS melakukan promosi, terkadang pembuatan dan pemasangan iklan yang besar di media cetak atau elektronik hanya akan sia-sia karena orang dengan mudah menghindari komunikasi tersebut. Dan ternyata kini AXIS mampu bersaing dengan para provider yang telah lama berdiri.
2.2 Masalah
Semakin ketatnya persaingan antar provider karena banyaknya timbul provider baru yang cukup mengetahui target pasar para konsumen. Namun AXIS mempunyai target tersendiri yaitu para remaja yang mayoritas menggunakan provider ini walau tidak menutup kemungkinan orangtua pun memakai provider ini. Maka, masalah yang akan di angkat dalam penulisan ini yaitu Apakah umur berkaitan dengan persepsi konsumen terhadap mobile marketing yang dilakukan oleh provider AXIS ?
2.3 Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui apakah umur berkaitan dengan persepsi konsumen terhadap mobile marketing yang dilakukan oleh provider AXIS.
2.4 Metodologi Penelitian
2.4.1 Data dan Sampel
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan cara dilakukan penyebaran berupa kuesioner yang dibagikan kepada 30 responden pengguna provider AXIS.
2.4.2 Tahapan Penelitian
Dalam tahap pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara untuk pengisian kuisioner, dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 30 responden pengguna provider AXIS.
2.5 Analisis
Penelitian ini menggunakan Analisis Deskriptif untuk mengetahui persepsi para pengguna provider AXIS.
2.6 Saran
Agar provider AXIS tidak hanya mentargetkan para konsumen melalui umur saja, tetapi dengan cara lain juga agar mendapatkan konsumen yang lebih banyak.
III. Judul : Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Mobile Marketing Oleh Provider
XL
3.1 Latar Belakang Masalah
Keunikan Mobile Marketing (pemasaran bergerak) adalah produsen bisa melakukan interaksi dengan komunikasi dan menawarkannya tanpa terikat pada waktu dan lokasi tertentu. Persepsi setiap manusia terkadang dapat dipengaruhi oleh jenis kelamin setiap konsumen, tidak dapat kita pungkiri bahwa persepsi pria dan wanita akan berbeda. Karena persepsi manusia terhadap suatu hal dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal salah satunya bersumber dari situasi personal manusia yaitu yang berkaitan dengan jenis kelamin seseorang. Sedangkan, faktor eksternal dipengaruhi oleh produk yang pernah diterimanya. Namun, yang akan menjadi penelitian disini adalah faktor internal dikarenakan setiap jenis kelamin pasti berbeda dalam berpendapat.
3.2 Masalah
Dengan adanya faktor internal ini pasti akan saling berbeda pendapat antara pria dan wanita tentang mobile marketing yang dilakukan oleh provider XL, tanpa memandang umur atau yang lainnya. Maka, masalah yang akan di angkat dalam penulisan ini yaitu Apakah jenis kelamin dapat mempengaruhi persepsi konsumen terhadap mobile marketing oleh provider XL ?
3.3 Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui apakah jenis kelamin dapat mempengaruhi persepsi konsumen terhadap mobile marketing oleh provider XL.
3.4 Metodologi Penelitian
3.4.1 Data dan Sampel
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan cara dilakukan penyebaran berupa kuesioner yang dibagikan kepada 60 responden pengguna provider XL.
3.4.2 Tahapan Penelitian
Dalam tahap pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara kepada para konsumen pengguna provider XL untuk pengisian kuesioner, dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 60 responden pengguna provider XL.
3.5 Analisis
Penelitian ini menggunakan Analisis Deskriptif untuk mengetahui persepsi para pengguna provider XL dengan cara menyebarkan kuesioner.
3.6 Saran
Agar provider XL atau seluruh provider lainnya memperhatikan waktu pengiriman pesan agar konsumen tidak terganggu dengan adanya mobile marketing yang dilakukan oleh seluruh provider.
DAFTAR PUSTAKA
· Ardian permana. Analisis persepsi terhadap mahasiswa/i Universitas Gunadarma terhadap pemasaran bergerak. 2010
· Http : //id.wikipedia.org/wiki/TeleponGenggam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar